KHT Online   Icon Next   KHT 11

KHT Online

Serial KHT Online HNI #11

Thibbun nabawi adalah metode pengobatan yang di jelaskan Rosullullah saw kepada orang yang mengalami sakit, pengobatan yang beliau ketahui berdasarkan wahyu. Sumber yang di dapat berasal dari rujukan AlQuran, Hadits shahih serta atsar.

Pengobatan dengan thibbunabawi bersandar kuat pada aqidah islamiyah.
"...dan apabila aku sakit, dialah yang menyembuhkan aku." ( QS. Al-syu'aro' ayat 80) juga hadits "..setiap kali allah menurunkan penyakit, pasti allah menurunkan obatnya." ( HR. Bukhori)

Konsep yang di ajarkan Rosullulah saw :

A. MENCEGAH PENYAKIT DATANG.

Menghindar/menjauhi penyakit. Hal ini di maksudkan agar kita tinggal jauh dari penyakit, misal tinggal di pegunungan atau desa yang tidak ada pencemaran udara, air, polusi dll.

B. MENGUATKAN IMUN.

1. TOTAL HEALTH MANAGEMENT
thibbunnabawi merupakan sistem pengobatan yang menyeluruh yaitu mengobati penyakit tidak dari aspek fisik tp spiritual,mental dan emosi. Tujuannya mengembalikan kekuatan fitrah atau sistem imunitas tubuh.

2. KONSEP KEKUATAN FITRAH

2a.SPIRITUAL 50%
Berhubungan dengan kalbu, kejiwaan, perasaan merasa dekat dengan Allah swt yang menciptakan. Ikhlas, pasrah dan berprasangka baik atas ketentuan Allah swt. Perbanyak ibadah shalat fardu dan sunnah

2b. MENTAL 20%
Berhubungan dengan fikiran, selalu berfikir positif dlm keadaan apapun terutama kepada Allah swt. Keyakinan pda qodha dan qodar, perbanyak membaca Alquran.

2c. EMOSI 20%
Berkaitan dengan perasaan saat menghadapi suatu kejadian, pengendalian hawa nafsu agar emosi seimbang.
Obat emosi adalah puasa dan dzikir

2d. FISIK 10%
Tubuh manusia disusun oleh jaringan yang halus dan lembut. Penggunaan bahan kimia sintensis dan penumpukan racun menjadikan tubuh mendapat tekanan yang berat. Olah raga, pola hidup sehat dan menghindari makanan haram.

Setan sangat besar ikut andil sbg penyebab manusia sakit.

1. Penyakit yang di sebabkan factor non medis. Emosi, dendam, was was, gelisah ( semuanya sifat setan).
Misal. Penderita hipertensi cenderung kbanyakan mikir ,suka emosi , marah2.

2. Penyakit yang di sebabkan fisik. Dari pola makan dan gaya hidup Penyakit ini disebabkan karna :

2.1 Sumber makanan yang tidak halal dan toyib( uang korupsi,mencuri,judi dll)
" hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi toyib dari apa yang terdapat di bumi dan jangan lah kamu mengikuti langkah2 setan, karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu." QS. Al-Baqoroh 168

2.2 Makan dan minum berlebihan
" makan dan minumlah, dan janganlah berlebih lebihan, sesungguhnya allah tidak menyukai orang2 yang berlebih lebihan." QS. Al-A'raf 31

Cara menjaga kekuatan fitrah :

1. Jaga shalatnya dengan shalat tepat waktu dan berjamaah ( bagi laki2) di masjid.
2. Menjaga Alqurannya dengan tilawah alquran setiap pgi dan mlm, di niatkan mengaji dan membersihkan tubuh dr pengaruh setan
3. Dzikir, puasa, selalu mensucikan diri dengan berwudhu, jgn berwudhu saat akan shalat aja tp lakukan sesering mungkin agar tubuh selalu suci.
4. Mengkonsumsi makanan dan minuman halal serta toyib, konsumsi herba2 sunnah yang sangat di benci setan (madu, susu kambing, siwak, habbatussauda, zaitun)
5. Jaga lisan, ucapan dan perilaku yang baik

C. KONSUMSI MAKANAN HALAL DAN THAYYIB

Di luar banyak sekali produk halal tp tidak toyib karna berasal dr sumber yang tidak baik atau penam bahan zat haram di dlm nya.

D. HINDARI MAKANAN BERACUN

1.Pengawet : merusak lever dan usus.
Contoh : Mie instan... Orang banyak makan mie instan apakah babnya lancar ? Tdk karna sampah di ususnya awet

2. Pewarna : merusak ginjal
Contoh : teh celup, pernh tidak meneliti teh yang biasa di minum kenapa kok di seduh dengan air panas langsung warnanya coklat kemerahan dengan cepat... Pdhl teh yang asli dr daun teh di seduh air panas tidak akan mengeluarkan warna seperti itu.

3. Perasa : mengeraskan Lever
Contoh : perasa makanan, bumbu masak instan dll

4. Pemanis buatan : merusak lever dan ginjal
Contoh : minuman sachet

5. Pengembang : merusak pankreas
Contoh : Pengembang kue dan Kanji

Rukun Penyembuhan

Konsep Pengobatan Herba mempunyai beberapa Rukun Penyembuhan. Seorang pasien perlu dibimbing untuk memenuhi semua rukun-rukun penyembuhan tersebut supaya mendapat hasil optimal dan khasiat herba yang dikonsumsi.

Rukun Penyembuhan tersebut adalah:

  1. Keyakinan.
  2. Amalan yang berterusan (kontinyu).
  3. Munculnya krisis penyembuhan (Healing Crisis)
  4. Dosis yang mencukupi.

KEYAKINAN

Pertama kali, harus ditanamkan kepada pasien maupun perawat (terapis) bahwa setiap penyakit itu pasti ada obatnya dan obat herba yang diberikan kepadanya merupakan obat yang berkualitAS. Keyakinan ini adalah sangat penting kerana ia merupakan pintu penyembuhan yang perlu dibuka terlebih dahulu.

Keyakinan ini akan membangkitkan tenaga atau semangat yang sangat penting untuk membantu mengembalikan sistem imunitas. Mengkonsumsi herba dalam keadaan yang tidak yakin akan membuahkan usaha yang sia-sia.

AMALAN YANG BERKETERUSAN

Artinya kita harus istiqomah dan sabar menantikan tubuh yang sedang menjalani proses penyembuhan melakukan perbaikan ke seluruh tubuh secara menyeluruh (total healing). Apabila kita menyadari bahwa sumber penyakit datang dari makanan sehari-hari yang mengandung toksid (zat beracun), maka sudah seharusnya mengkonsumis herba menjadi hal yang harus dirutinkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penyakit timbul setelah sekian lama gangguan organ terjadi. Begitu juga obat memerlukan tempo atau waktu untuk menjalani proses pemulihan sel-sel yang telah rusak.

KRISIS PENYEMBUHAN

Krisis penyembuhan (healing crisis)adalah tanda-tanda yang menunjukkan herba sedang bekerja yang disebut juga dengan istilahDirection of Cure (DOC). Beberapa tanda DOC yang muncul karena pengkonsumsian herba antara lain:Muncul penyakit baru.

Seringkali kita menjumpai seseorang yang menggunakan herba mengalami healing crisis, dimana nampak semakin bertambah penyakit yang keluar, separti perempuan yang mengalami keputihan, jerawat, gatal-gatal dan lain-lain.

Berpindah penyakit dari bagian tertentu kepada bagian yang lain. Kita juga sering lihat perubahan beberapa penyakit separti orang yang menderita asma setelah mengkonsumi herba mengalami gatal-gatal di kulit.

Terasa sakit di bagian pinggang dan telapak kaki. Sistem saraf yang mempengaruhi keadaan ini dimana rasa sakit akan terasa seolah-olah berpindah turun ke bawah terutama di sekitar pinggang dan langsung ke telapak kaki. Telapak kaki dihubungkan ke wilayah refleksi untuk perawatan seluruh tubuh. Penyakit lama muncul kembali. Pengulangan simptom (gejala) penyakit yang pernah diderita dahulu.

DOSIS YANG MENCUKUPI

Penggunaan herba yang tepat haruslah disesuaikan dengan berat badan pasien. Dalam hal ini perbandingannya adalah 10kg : 1 gr. Artinya setiap berat badan 10kg memerlukan 1 gram herba yang harus dikonsumsi.

Artikel Filosofi Pengobatan Thibbun Nabawi ini telah dibaca : 1.355 kali

Order NOW

Tidak ada produk berkaitan...

Disclaimer :

Artikel pada halaman ini hanya untuk keperluan informasi semata. Tidak ditujukan sebagai saran pengganti dokter atau terapist Anda. HPA Network tidak bertanggung jawab atas segala efek penggunaan artikel yang di sajikan. Untuk memastikan kebenaran artikel ini silahkan konsultasikan kembali ke dokter atau terapist keluarga Anda.

Order NOW

Serial KHT Online