Artikel Lain   Icon Next  Manfaat Pegagan Pada Andrographis Centella

Aplikasi produk HPAI

Pegagan (Centella Asiatica) merupakan tanaman yang berkhasiat bagi otak. Sejak dahulu pegagan telah digunakan untuk obat, seperti obat kulit, gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Cina, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Nama lain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan.

Khasiat Pegagan / Manfaat Pegagan

  • Meningkatkan daya ingat
  • Meningkatkan syaraf memori
  • Mencerdaskan otak
  • Meningkatkan mental dan stamina tubuh
  • Menghentikan pendarahan (haemostatika)
  • Membersihkan darah
  • Melancarkan peredaran darah
  • Peluruh kencing (diuretika)
  • Penurun panas (antipiretika)
  • Anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan
  • Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid)
  • Meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki
  • Mencegah varises dan salah urat
  • Menurunkan gejala stres dan depresi

Untuk mendapatkan manfaat dari daun pegagan dapat dengan dikonsumsi secara langsung, seperti sebagai lalapan, dapat juga dengan dikeringkan untuk dijadikan teh atau diambil ekstraknya untuk dibuat kapsul atau diolah menjadi krem, salep, obat jerawat, maupun body lotion. Dengan demikian kita tahu ternyata sangat besar manfaat dari tanaman yang kurang mendapat perhatian ini.

Klasifikasi Pegagan

  • Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom : Tracheobionta (Berpembuluh)
  • Superdivisio : Spermatophyte (Berbiji)
  • Division : Magnoliophyta (Berbunga)
  • Kelas : Magnoliopsida (Dikotil)
  • Sub-kelas : Rosidae
  • Ordo : Apiales
  • Familia : Apiacea
  • Genus : Centella
  • Spesies : Centella asiatica (L.)Urban

Kandungan Pegagan

Pegagan mengandung asiaticoside, thankuniside, isothankuside, madecassoside, brahmoiside, brahminoside, barahmic acid, madasitic acid, hyrocotyline, mesoinositol, centellose, caretenoids, garam mineral, zat pahit vellarine, dan zat lemak.

Budidaya Pegagan

Pegagan ini merupakan tanaman yang dapat dihidup di daerah dataran rendah maupundataran tinggi. Pegagan tumbuh secara merayap, tidak berbatang dengan tinggi tanaman 10-50 cm. Daun tersusun dalam roset akar dan bentuk daun seperti kipas dengan permukaan daun licin serta tepi daun melengkung ke atas dan bergerigi. Diameter daun1-7 cm.

Tangkai daun pegagan berbentuk pelepah, agak panjang dan berukuran 5-15 cm.Bentuk bunga bundar lonjong, cekung dan runcing ke ujung. Kelopak bunga tidak bercupingserta tajuk bunga berbentukbulat telur dan meruncing ke ujung.

Buah tanaman pegagan kecil, panjang 2-2,5 mm dan lebar 7 mm. Akar rimpang dengan banyak stolon. Pada akar, batang dan daun pegagan diduga mengandung senyawa glikosida, triterpenoida,alkaloida, hidrokotilin, steroid, tannin, minyak atsiri, gula pereduksi dan garam mineral seperti K, Na, Mg, Ca dan Fe.

Budidaya pegagan sebaiknya dilakukan di lahan yang terbuka dan mendapat sinar matahari cukup. Adapun teknik urutan penanaman pegagan adalah sebagai berikut;

Pembibitan Pegagan

Untuk membuat bibit, pilih tunas dari stolon yang subur dan telah tua dengan daun kira-kira 2-3 helai, cabut secara hati-hati agar akarnya tidak rusak. Tunas-tunas tersebut kemudian tanam di tempat persemaian dengan media yang baik. Siram pagi dan sore untuk menjaga kelembabannya. Bibit siap dipindah ke lahan setelah menghasilkan 4-6 daun atau berumur kira-kira 6 minggu.

Pengolahan lahan dan penanaman Pegagan

Pengolahan lahan dimulai dengan mencangkul lahan secara merata sedalam lebih kurang 25 cm, sambil dibersihkan dari gulma dan pengakarannya. Lahan kemudian diberi pupuk kandang dengan dosis 10 ton/ha, lalu dibuat bedengan dengan ukuran lebar 1m, tinggi 25 cm dan panjangnya menyesuaikan dengan keadaan lahan. Setelah bibit siap maka bibit dapat dipindah ke lahan. Hal yang perlu diperhatikan adalah saat pemindahan harus dilakukan secara hati-hati agar akar tidak rusak. Tanam bibit dalam bedengan dengan jarak tanam 20x20cm. Biasanya untuk satu hektar lahan dperlukan 100.000 bibit.

Pemeliharaan Pegagan

Pemeliharaan yang paling utama adalah penyiangan dan pengairan. Pemberian pupuk tanaman dapat dilakukan setelah tanaman berumur1 bulan di lahan. Beri pupuk nitrogen dengan dosis 300 kg/ha. Pestisida tidak dianjurkan untuk digunakan. Jika terjadi penyerangan hama penyakit maka pemberantasan dapat dilakukan dengan cara mekanis yaitu membuang atau membakar tanaman yang tersearang.

Panen Pegagan

Panen pegagan dilakukan setelah tanaman berumur kira-kira 3 bulan di lahan. Cara panen yang tepat yaitu mencabut tanaman dengan akarnya, kemudian dikumpulkan dalam wadah yang bersih. Jika akan dikonsumsi segar maka daun dapat dicuci bersih dan langsung dapat digunakan. Jika akan digunakan sebagai bahan baku jamu maka perlu dikeringkan dahulu.

Pasca Panen Pegagan

Pertama kali herba pegagan dicuci dengan air sampai bersih, kemudain ditiriskan atau diangin-anginkan kira-kira 1 malam. Dalam keadaan ini bahan disortasi untuk memindahkan bahan asing yang terbawa selama proses selanjutnya. Setelah bahan bersih dari pencemaran kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari sampai kering, (tandanya adalah bahan mudah dipatahkan). Bahan yang sudah kering atau disebut simplisia ini dikemas dengan kantong plastik and ditutup rapat atau jika akan dikonsumsi dapat langsung digunakan.

Andrographis Centella

Produk Terkait :

Andrographis Centella
Isi Kemasan : 75 kapsul @ 250mg
Harga Konsumen : 85.000
Berat : 75 gram
Dilihat : 107.875 views

Digunakan untuk melindungi hati, meningkatkan system kekebalan tubuh, menurunkan panas, menghilangkan rasa nyeri, mengobati radang, bengkak dan antibiotik alami

Tertarik membeli Andrographis Centella? Silahkan klik disini...

Disclaimer :

Informasi kesehatan pada halaman ini hanya untuk keperluan informasi semata. Tidak ditujukan sebagai saran pengganti dokter atau terapist Anda. HPA Network tidak bertanggung jawab atas segala efek penggunaan artikel yang di sajikan. Untuk memastikan kebenaran artikel ini silahkan konsultasikan kembali ke dokter atau terapist keluarga Anda.

Article #84 Posted : 28-11-2012 | Review: 16.211 kali

Gabung member HNI HPAI

Mohon maaf, Anda tidak diperkenankan copy paste halaman ini, baik sebagian atau keseluruhan tanpa mencantumkan link sumber artikel https://www.hpa-network.com/page/article/manfaat-pegagan-pada-andrographis-centella