Konsultasi Lain   Icon Next  Konsul12

Sering Mimisan Tiba-tiba Pada Anak, Begini Cara Mengatasinya

PERTANYAAN :

Assalamualaikum. Umi mau konsultasi,anak sya sering mimisan kadang kalau lari larian tiba2 juga mimisan. Herbanya di hpai apa ya Mi. Jzkillah Mi.

JAWABAN :

Berikan Sari Kurma 3x2 sdk Teh untuk BALITA. Untuk Anak Diatas 5 th bisa diberikan 3x1 sdmk. Untuk Dosis sesuaikan

Berikan juga SPIRULINA. Bila masih Baliita bisa dibuka campurkan dg Sari Kurmanya atau dibuka 1 kapsul dibagi 2 diberikan pagi & sore Untuk Diatas Balita berikan 3x1 kps (DOSIS bisa ditambahkan /Sesuaikan) Semoga Lekas Sembuh Biizdnillah

#usb

Dilansir dalam laman alodokter.com : Mimisan adalah kondisi yang bisa menimpa anak-anak, terutama di usia 3-10 tahun. Mereka memang lebih sering mengalami mimisan dibandingkan dengan orang dewasa. Ini karena pembuluh darah di hidung anak-anak lebih rapuh dan mudah pecah.

Jangan panik jika terjadi mimisan pada anak Anda. Keluar darah dari hidung memang terkesan mengerikan, tetapi biasanya hal tersebut tidak berbahaya. Ada langkah mudah untuk melakukan pertolongan pertama untuk menghentikan mimisan pada anak.

Penyebab Mimisan pada Anak


Mimisan pada anak dapat terjadi oleh karena pengaruh udara yang sangat kering atau berada di lingkungan yang bersuhu panas. Mengembuskan napas terlalu keras, seperti ketika buang ingus atau mengorek hidung terlalu dalam juga dapat menyebabkan terjadinya mimisan.

Penyebab lain mimisan pada anak adalah benturan pada hidung atau adanya benda asing yang masuk ke dalam hidung, kelainan bentuk hidung, infeksi, alergi, menderita gangguan pembekuan darah seperti hemofilia, dan efek samping obat-obatan tertentu. Dari semua penyebab tersebut, flu dan alergi yang sering kambuh dianggap sebagai penyebab mimisan pada anak yang paling umum.

Menangani Mimisan pada Anak


Lalu bagaimana jika kejadian ini menimpa anak Anda di rumah? Berikut dibawah adalah langkah-langkah penanganan awal jika terjadi mimisan pada anak:
  1. Tenangkan anak agar Anda lebih mudah melakukan pertolongan. Perlihatkan kepada anak bahwa Anda bisa bersikap tenang dalam menghadapi hal ini.
  2. Dudukkan anak dengan posisi kepala agak menunduk. Minta agar dia tidak bersandar untuk menghindari kemungkinan darah mengalir dari saluran hidung bagian dalam ke tenggorokan, kerongkongan, atau keluar melalui mulut. Jika ini terjadi, kemungkinan dapat menyebabkan anak tersedak, batuk, atau muntah.
  3. Tutup hidung menggunakan tisu atau lap bersih dengan cara menekan bagian hidung yang lunak. Tetapi, hindari memasukkan tissue atau lap ke lubang hidung.
  4. Tekan bagian hidung yang lunak tersebut selama sekitar 10 menit dengan kekuatan tekanan yang stabil. Anda juga bisa memberi kompres dingin pada pangkal hidung saat menekan hidung yang mimisan. Tujuannya untuk menghentikan perdarahan.
  5. Setelah 10 menit, lepaskan. Perhatikan, apakah perdarahan sudah berhenti atau belum.

Jika perdarahan belum berhenti, ulangi langkah tersebut. Anda pun harus cepat tanggap dalam menilai keadaan anak. Segera bawa dia ke rumah sakit jika:

  1. Sudah melakukan pertolongan pertama dengan menekan hidungnya selama 10 menit, sebanyak dua kali, tetapi darah belum berhenti mengalir.
  2. Anak tampak lemas dan pucat, detak jantung atau denyut nadi anak cepat, dan sulit bernapas..
  3. Darah yang keluar diperkirakan sudah terlalu banyak.
  4. Anak mengalami batuk atau muntah karena darah dari hidung telanjur mengalir ke kerongkongan, lalu ke mulut, dan mungkin tertelan.
  5. Bagian tubuh yang lain juga berdarah, misalnya gusi.
  6. Mimisan terlalu sering, yaitu lebih dari dua kali seminggu.
  7. Langkah Pencegahan Mimisan pada Anak

Beberapa penyebab mimisan pada anak dapat Anda antisipasi, antara lain dengan mencegah anak memasukkan benda asing ke hidung, mengajari anak untuk tidak mengembuskan napas terlalu kencang saat buang ingus, dan senantiasa mengawasinya bermain untuk mencegah hidung anak terbentur.

Selain itu, pastikan kuku anak selalu dalam keadaan bersih dan tidak terlalu panjang, agar dia tidak melukai dirinya sendiri saat sedang membersihkan kotoran hidung. Ajarkan kepada anak untuk tidak terbiasa mengorek hidung. Anda juga bisa mengajarinya mengenai pentingnya menjaga keamanan diri sendiri.

Dibaca: 3.417 views

Produk Terkait :

Produk HNI HPAI yang digunakan dalam pengobatan konsultasi:

Nama_ProdukKhasiat_UtamaHarga
Sari Kurma Healthy DatesProbiotik alami untuk energi extra, nutrisi ibu hamil, gangguan pencernaan, melindungi lever dan atasi insomia, types, DBD, pelancar asi, menstabilkan HB45.000
SpirulinaBermanfaat dalam masa pertumbuhan, cepat letih, lelah, lesu, lemah, masa pemulihan fisik karena sakit atau operasi. diet kesehatan, menekan Kolesterol, Triglis90.000

Punya keluhan serupa?

Anda atau keluarga Anda memiliki keluhan penyakit yang hampir sama? Tertarik ingin mencoba dan membeli herbalnya? Silahkan baca penjelasannya dibawah.

Cara Pesan Paket Konsul12

Berikut format untuk pembelian Paket Konsul12 Melalui SMS / WA / BBM

  1. Format sms: paket Konsul12 # nama # alamat lengkap # no telp # email
  2. Contoh : paket Konsul12 # ahmad yusuf # Taman melati blok b2 no.7 kec cikadut kabupaten bandung jawa barat 40293 # 0227219798 # ahmad@gmail.com
  3. Kirim ke :
    1. SMS : 085861503768 atau
    2. WA : 085861503768
  4. Tunggu reply jawaban dari kami yang berisi total transfer dan no rekening tujuan transfer
  5. Segera lakukan transfer setelah dapat konfirmasi dari kami
  6. Setelah transfer diterima paket akan segera di kirim ke alamat tujuan melalui JNE Reguler

Resume paket Konsul12

Sari Kurma Healthy Dates : 45.000
Spirulina : 90.000

TOTAL : 135.000 belum termasuk ongkir ke alamat tujuan.

Disclaimer :

Artikel pada halaman ini hanya untuk keperluan informasi semata. Tidak ditujukan sebagai saran pengganti dokter atau terapist Anda. HPA Network tidak bertanggung jawab atas segala efek penggunaan artikel yang di sajikan. Untuk memastikan kebenaran artikel ini silahkan konsultasikan kembali ke dokter atau terapist keluarga Anda.


Gabung member HNI HPAI