Artikel Lain   Icon Next  Sudah Amankah Pasta Gigi Anda?

Aplikasi produk HPAI

Hampir sebagian besar pasta gigi yang beredar di tanah air mengandung fluoride, padahal berdasarkan penelitian terbaru fluoride yang terakumulasi dalam tubuh bisa menjadi sangat berbahaya.

8 Bahaya Maut Fluorida Yang Harus Anda Cermati

Oleh karena itu pastikan bahwa pasta gigi yang Anda beli tidak mengandung fluoride sama sekali. Apalagi jika pasti gigi ini juga digunakan untuk sikat gigi anak-anak.

Fluoride adalah senyawa kimia yang digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat pasta gigi. Senyawa ini dipercaya mampu memperkuat gigi, namun ternyata berbahaya jika dikonsumsi. Jika tertelan, senyawa fluoride bisa terakumulasi dalam tubuh, terutama pada tulang dan kelenjar.

Kadar fluoride yang terlalu tinggi jelas mampu mengacaukan fungsi organ penting dalam tubuh. Itulah sebabnya kenapa kita harus meludahkan pasta gigi setelah menggosok gigi, agar jangan ada larutan fluorida yang ikut tertelan.

Apa itu Fluoride atau Fluorida?

Orang terkadang bingung dalam memberikan sebutan istilah fluoride atau fluorida. Tapi untuk artikel kali ini penyebutan istilah tersebut adalah tetap mengacu kepada zat yang sama.

Fluoride zat kimia ini secara umum dipersepsikan orang sebagai zat ampuh untuk memperkuat tulang gigi. Sebab itu, zat ini banyak disisipkan di dalam pasta gigi. Bahkan 66% cadangan air minum warga AS telah dicampuri zat ini secara sengaja.

Dari sejumlah berita yang beredar beberapa waktu lalu fluoride disinyalir sebagai salah satu bahan yang digunakan pada pembuatan bom atom. Efek racun kimiawi yang dipaparkan lewat penemuan ini mendorong para peneliti semakin kritis melakukan riset tentang bahaya flouride pada pasta gigi, kemudian banyak berita mempublikasikan efek samping dan bahaya fluoride dalam memicu osteoporosis dan kerusakan sistem saraf terutama pada penggunaan yang salah.

Pada dasarnya, pasta gigi mengandung berbagai jenis fluoride. Fluoride yang banyak digunakan adalah jenis sodium monofluoro fosfat (MFP) dan sodium fluoride (NaF).

Menurut Iman Firmansyah, Tim Peneliti Lembaga Konsumen Jakarta Public Interest Research and Advocacy Center (LKJ PIRAC), di Indonesia, kandungan fluoride pada pasta gigi anak ternyata cukup besar, yaitu antara 800-1500 ppm.

Padahal di beberapa negara, batas maksimal kandungan fluoride mulai dikurangi. Contohnya, di negara Eropa, Australia, dan New Zealand kandungan fluoride berkisar 250-500 ppm.

Hasil penelitian Departemen Kesehatan Belgia menyimpulkan bahwa penggunaan fluoride secara berlebihan dapat menyebabkan esteoporosis dan kerusakan sistem syaraf. Ini mendorong pemerintah Belgia melarang beredarnya segala jenis tablet dan permen yang mengandung fluoride.

Pemerintah Belgia juga sedang mempresentasikan hasil penelitiannya di depan anggota Uni Eropa untuk memperoleh kesepakatan bersama pelarangan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Berikut ini adalah beberapa efek negatif fluoride yang bisa menyebabkan kelainan pada tubuh :

  1. Kerusakan pada tubuh
    Jika tertelan, senyawa fluoride bisa terakumulasi dalam tubuh, terutama pada tulang dan kelenjar. Kadar fluoride yang terlalu tinggi jelas mampu mengacaukan fungsi organ penting dalam tubuh.
  2. Efek negatif pada bayi
    Salah satu sumber fluoride yang tidak diduga adalah susu formula bayi. Selain itu, karena bayi masih harus banyak mendapat nutrisi melalui cairan, mereka juga rentan mengonsumsi fluoride secara tidak sengaja. Fluoride pada bayi pun jelas mengganggu perkembangan tubuh mereka.
  3. Kesehatan reproduksi
    Pada percobaan yang melibatkan binatang, dosis fluoride yang tinggi membuat sistem reproduksi binatang tersebut jadi rusak. Sperma mengalami penurunan kualitas dan kuantitas. Hal serupa juga diduga bisa terjadi pada manusia.
  4. Kerusakan otak
    Fluoride yang masuk ke dalam tubuh ternyata juga berbahaya bagi otak. Bahkan akumulasi fluoride dikaitkan dengan meningkatnya risiko penyakit Alzheimer.
  5. Perkembangan IQ
    Selain meningkatkan risiko Alzheimer, fluoride pun membuat IQ seseorang lebih rendah jika masuk ke dalam tubuh. Secara tidak sadar, konsumsi air yang mengandung fluoride membuat fungsi otak menurun dan tidak maksimal.
  6. Pubertas dini
    Beberapa penelitian mengaitkan hubungan antara fluoride dan produksi kelenjar pineal dalam jumlah tinggi. Akibatnya, gadis remaja mengalami pubertas dini atau menstruasi lima bulan lebih cepat dari mereka yang tidak terkena akumulasi fluoride.
  7. Fungsi Tiroid
    Selain kelenjar pineal, fungsi tiroid bisa ikut terganggu akibat akumulasi fluoride. Beberapa dampaknya adalah depresi, lemas, peningkatan berat badan, nyeri sendi, kolesterol tinggi, sampai penyakit jantung.
  8. Kerusakan tulang
    Meski disebut-sebut mampu menguatkan gigi, ternyata kelebihan kadar fluoride dalam tubuh malah bisa memicu kerusakan tulang. Bahkan bagi para lansia, fluoride mampu meningkatkan risiko patah tulang.

Itulah berbagai bahaya fluoride yang jarang diketahui oleh masyarakat dan dianggap hal yang wajar. Mulai sekarang perhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi, pastikan semuanya bebas dari senyawa fluoride. Karena saat ini fluoride juga digunakan untuk minuman kemasan.

Jadi tetap waspada dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga Anda.

Sumber : merdeka.com/sehat/8-bahaya-fluoride-yang-jarang-diketahui-kontroversi-fluoride.html

Pasta Gigi Herbal Siwak Sirih Mint

Produk Terkait :

Pasta Gigi Herbal Siwak Sirih Mint
Isi Kemasan : Tube 120g
Harga Konsumen : 20.000
Berat : 150 gram
Dilihat : 79.867 views

Membersihkan gigi, gusi dan mulut. Sangat baik untuk menghilangkan plak, menguatkan gigi, mencegah karies gigi, menyegarkan mulut dan memutihkan gigi, bau mulut

Tertarik membeli Pasta Gigi Herbal Siwak Sirih Mint? Silahkan klik disini...

Disclaimer :

Informasi kesehatan pada halaman ini hanya untuk keperluan informasi semata. Tidak ditujukan sebagai saran pengganti dokter atau terapist Anda. HPA Network tidak bertanggung jawab atas segala efek penggunaan artikel yang di sajikan. Untuk memastikan kebenaran artikel ini silahkan konsultasikan kembali ke dokter atau terapist keluarga Anda.

Article #385 Posted : 02-12-2013 | Review: 12.289 kali

Gabung member HNI HPAI

Mohon maaf, Anda tidak diperkenankan copy paste halaman ini, baik sebagian atau keseluruhan tanpa mencantumkan link sumber artikel https://www.hpa-network.com/page/article/bahaya-fluoride-dalam-pasta-gigi