Artikel Lain   Icon Next  Khasiat Mengkudu Untuk Diabetes

Khasiat Mengkudu Untuk Diabetes

Cara Praktis Atasi Diabetes Melitus Dengan Ekstrak Mengkudu

Khasiat Mengkudu Untuk Diabetes

Diebetes Melitus jika tidak segera diobati akan menjadi sebuah penyakit yang sangat mengerikan. Penderita akan sangat tersiksa karena secara perlahan bagian-bagian tubuhnya akan menjadi busuk dan rusak.

Diabetes melitus atau kencing manis ini bisa disebabkan karena faktor bawaan atau keturunan dan bisa juga disebabkan karena pola makan yang kurang baik. Apabila sudah akut, penyakit diabetes ini sulit diobati.

Salah satu obat diabetes yang sering digunakan ketika diabetes sudah akut biasanya dengan menyuntikkan insulin setiap hari untuk mengimbangi glukosa berlebihan yang dikonsumsi oleh tubuh.

Memang belum ada obat diabetes yang secara total dapat menyembuhkan diabetes ini, namun upaya untuk memperbaiki kinerja pankreas bisa dilakukan, salah satunya dengan menkonsumsi mengkudu.

(Image Source : diabeteshelpfultips.com/diabetes-mellitus-complications.)
Diabetes Melitus tidak menakutkan bila diketahui lebih awal. Jika berlangsung menahun, kondisi penderita Diabetes Melitus berpeluang besar menjadi kronis. Lakukan pemeriksaan dini pada tubuh, tidak perlu menunggu hingga timbul gejala penyakit tersebut.

Bagaimanapun tindakan pencegahan lebih baik dari pengobatan. Anda bisa melakukan perawatan sedini mungkin terhadap diri sendiri dengan biasa mengkonsumsi mengkudu.

Khasiat buah mengkudu yang membuatnya sangat populer adalah kemampuan zat aktif alkaloid proxeroninnya dalam menghambat dan mengatasi perkembangan sel kanker.

Buah mengkudu juga terbukti mampu melancarkan kinerja kelenjar-kelenjar di dalam tubuh, mampu meningkatkan proses penyerapan zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan membantu menghambat perkembangan tumor atau kanker, serta mampu mempercepat penyembuhan jaringan kulit yang rusak terbakar atau luka.

Khasiat lain yang telah terbukti secara empiris, di antaranya buah mengkudu cukup mujarab untuk mengatasi hipertensi, diabetes mellitus, kolesterol, memperbaiki kinerja ginjal, mengurangi gejala alergi.

Di samping itu, kandungan adaptogini yang ada di dalamnya membuat buah ini bisa dikonsumsi secara rutin untuk menyegarkan badan. Buah mengkudu banyak mengandung protein, berkhasiat merangsang sistem kekebalan tubuh, mengatur fungsi sel jaringan tubuh yang rusak dan sekaligus memberi nutrisi yang dibutuhkan.

Tim Direktorat Teknologi Farmasi dan Medika, Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT, telah melakukan uji praklinis teradap sari buah Mengkudu dengan menggunakan hewan percobaan.

Hal ini dilakukan guna memberikan klarifikasi ilmiah terhadap klaim khasiat Mengkudu. Penentuan jenis khasiat yang dipilih untuk diuji didasarkan pada gejala penyakit yang cenderung meningkat saat ini dan klaim khasiat dari beberapa produk Mengkudu.

Tiga jenis khasiat Mengkudu yang telah diuji yaitu : penurun tekanan darah (anti-hipertensi), penurun gula darah (anti-diabetes), dan penurun kolesterol darah. Berikut ini adalah hasil dari percobaan yang dilakukan pada hewan untuk mengetahui khasiat Mengkudu dalam menurunkan gula darah (anti-diabetes).

Percobaan uji khasiat anti-diabetes sari buah Mengkudu dilakukan terhadap hewan coba mencit galur Balb C jantan dan betina yang dibuat dalam kondisi diabetes dengan pemberian zat alloxan. Penelitian dilakukan tiga minggu dengan dosis tunggal sari buah Mengkudu 0,22 mL/20 g berat badan, atau setara dengan dua sendok makan sehari manusia dewasa.

Ternyata, kadar gula darah menurun baik jantan maupun betina yang mendapat sari buah Mengkudu dan penurunan kadar gula darah didapati lebih besar pada kelompok hewan yang mendapat sari buah Mengkudu lebih lama (dua minggu dibanding satu minggu).

Hasil uji khasiat terhadap kadar gula darah ini mendukung informasi empiris mengenai khasiat Mengkudu sebagai penurun gula darah. Diduga, kandungan proseronin pada Mengkudu mampu memperbaiki sel beta pankreas.

Di dalam tubuh, proseronin diubah menjadi seronin yang mampu menyatukan peptida-peptida atau asam-asam amino menjadi protein. Pada pankreas yang rusak pun, protein banyak terpecah. Karena itu, seronin mampu meregenerasi sel-sel pankreas yang rusak.

"Dengan di temukannya Proseronin, maka angka harapan hidup manusia menjadi bertambah. Berbagai penyakit akibat rusaknya/matinya sel pada organ tertentu bisa direvitalisasi dan diregenerasi", demikian penjelasan Dr. dr. Marullah, spesialis syaraf naturophaty dan internis lulusan Amerika.

Organ pankreas rusak akibat sel-sel penyusunnya banyak yang mati. Zat proseronin yang di hasilkan Mengkudu dapat merevitalisasi dan meregenerasi sel-sel penyusun pankreas sehingga pulih kembali dan menghasilkan insulin yang cukup untuk menormalkan kembali kadar gula dalam darah.

Catatan : Untuk memastikan kebenaran informasi ini silahkan konsultasikan kembali dengan dokter/ herbalist Anda.

Produk Terkait :

Mengkudu
Isi Kemasan : 50 kapsul
Harga Konsumen : 75.000
Berat : 75 gram
Dilihat : 59.191 views

Membantu menurunkan tekanan darah tinggi, anti kolesterol, insomia, stroke, stress, anti radang, anti aging, memperbaiki pencernaan

Tertarik membeli Mengkudu? Silahkan klik disini...

Disclaimer :

Informasi kesehatan pada halaman ini hanya untuk keperluan informasi semata. Tidak ditujukan sebagai saran pengganti dokter atau terapist Anda. HPA Network tidak bertanggung jawab atas segala efek penggunaan artikel yang di sajikan. Untuk memastikan kebenaran artikel ini silahkan konsultasikan kembali ke dokter atau terapist keluarga Anda.

Article #114 Posted : 16-06-2013 | Review: 12.608 kali

Gabung member HNI HPAI

Google DMCAMohon maaf, Anda tidak diperkenankan copy paste halaman ini, baik sebagian atau keseluruhan tanpa mencantumkan link sumber artikel https://www.hpa-network.com/page/article/khasiat-mengkudu-untuk-diabetes