Artikel Lain   Icon Next  Ini Manfaat Pegagan

Ini Manfaat Pegagan

Manfaat Pegagan Untuk Kecantikan, Kesehatan Dan Kesuburan

Ini Manfaat Pegagan

Pegagan seluruh bagiannya ini dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Pengobatan dari dalam dan pengobatan dari luar kerap memanfaatkan pegagan. Satu hal yang perlu diingat, pemakain obat-obatan herbal tidak boleh dilakukan lebih dari 6 minggu. Jika masih ingin melanjutkan konsumsi, sebaiknya mengambil jeda sekitar dua pekan dulu.

Pegagan atau Centella Asiatica (dalam bahasa latin) merupakan tumbuhan herbal yang berasal dari Asia. Berdasarkan literatur yang ada tanaman ini terdiri atas dua jenis, yaitu pegagan merah dan pegagan hijau. Pegagan juga disebut sebagai makanannya otak karena diklaim dapat meningkatkan IQ kemampuan belajar, serta daya ingat. Selain itu, juga menanggulangi lemah mental pada anak-anak.

Daun pegagan memiliki sifat manis dan sejuk. Sementara efek farmakologisnya adalah anti-infeksi, antitoxic, penurun panas, peluruh air seni. Karena efek farmakologis tersebut pegagan secara turun temurun sering dijadikan sebagai obat tradisional.

Manfaat Daun Pegagan untuk Pengobatan

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan pegagan sebagai ramuan obat tradisional.

  1. Pembengkakan hati (liver)
    Ambil 240 gram - 600 gram pegagan segar, kemudian direbus. Setelah dingin, air rebusannya minum secara rutin.
  2. Menurunkan Darah tinggi
    Ambil 20 lembar daun pegagan kemudian direbus dalam 3 gelas air hingga menjadi 3/4-nya. Ramuan tersebut diminum 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.
  3. Pereda Demam
    Segenggam daun pegagan segar ditumbuk hingga halus, kemudian ditambah sedikit air dan garam, lalu saring. Airnya diminum pagi-pagi sebelum makan.
  4. Mata merah dan bengkak
    Daun pegagan bisa juga dijadikan sebagai obat tetes mata. Caranya pun cukup mudah. Pegagan segar dicuci bersih, dilumatkan, diperas, airnya disaring. Teteskan ke mata yang sakit 3-4 kali sehari.
  5. Atasi Batuk kering
    Ambil segenggam penuh pegagan segar, kemudian dilumatkan, dan peras airnya. Tambahkan air dan gula batu secukupnya. Kemudian minum ramuan tersebut sekaligus.
  6. Menambah nafsu makan
    Untuk meningkatkan nafsu makan, ambil 1 genggam daun pegagan segar direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan daun pegagan tersebut sehari 1 gelas.
  7. Susah kencing
    Jika Anda mengalami susah kencing, ambil 30 gram pegagan segar. Lumatkan atau tumbuk halus. Ramuan tersebut ditempelkan di sekitar pusar.
  8. Obat Lepra
    Ambil 3/4 genggam pegagan dicuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 3/4 -nya. Saring, setelah dingin, airnya diminum sehari 3 kali 3/4 gelas.
  9. Ambeien atau Wasir
    Ambil 4-5 batang pegagan berikut akar-akarnya, lalu direbus dengan 2 gelas air selama ± 5 menit. Minum air rebusan ini secara rutin selama beberapa hari.
  10. Mengobati Sakit Bisul
    Cara pertama, sediakan 30 gram - 60 gram pegagan segar. Cuci bersih lalu direbus, dan air rebusannya diminum. Cara kedua, pegagan segar dicuci bersih, kemudian dilumatkan dan ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit.
  11. Batuk darah, muntah darah, mimisan
    Ambil 60 - 90 gram pegagan segar lalu direbus atau diperas, kemudian airnya diminum.
  12. Penyakit Campak
    Untuk mengobati penyakit campak, ambillah 60 -120 gram pegagan, cuci bersih lalu direbus. Kemudian air rebusannya diminum.

Disamping sebagai obat herbal daun Pegagan bisa dikonsumsi langsung sebagai minuman teh atau sebagai lapapan.

  1. Manfaat teh daun pegagan
    Teh daun pegagan segar berkhasiat untuk membangkitkan nafsu makan, menyegarkan badan, menenangkan, menurunkan panas, batuk kering, mengeluarkan cacing di perut, mimisan.
  2. Manfaat lalapan pegagan
    Lalapan pegagan segar dipercaya berkhasiat membersihkan darah, terutama pada bisul, tukak berdarah. Memperbanyak empedu, sehingga memperbaiki gangguan pencernaan.

Untuk memastikan kembali penggunaan artikel ini silahkan konsultasikan kembali dengan herbalis / dokter Anda.

Produk Terkait :

Pegagan HS
Isi Kemasan : 50 Kapsul
Harga Konsumen : 90.000
Berat : 75 gram
Dilihat : 46.665 views

Secara tradisional digunakan untuk membantu sirkulasi darah, kesehatan dan kecerdasan otak, meningkatkan daya ingat, anti radang, anti stress dll

Tertarik membeli Pegagan HS? Silahkan klik disini...

Disclaimer :

Informasi kesehatan pada halaman ini hanya untuk keperluan informasi semata. Tidak ditujukan sebagai saran pengganti dokter atau terapist Anda. HPA Network tidak bertanggung jawab atas segala efek penggunaan artikel yang di sajikan. Untuk memastikan kebenaran artikel ini silahkan konsultasikan kembali ke dokter atau terapist keluarga Anda.

Article #427 Posted : 19-12-2014 | Review: 4.306 kali

Gabung member HNI HPAI

Google DMCAMohon maaf, Anda tidak diperkenankan copy paste halaman ini, baik sebagian atau keseluruhan tanpa mencantumkan link sumber artikel https://www.hpa-network.com/page/article/manfaat-pegagan